11 Tips Memilih Travel Agent Terpercaya Agar Aman & Tidak Tertipu

11 Tips Memilih Travel Agent Terpercaya Agar Aman & Tidak Tertipu

Sahabat Gotravela, Apakah Anda ingin libura tahun ini? Jika iya, maka Anda memerlukan beberapa  informasi travel agent terpercaya yang bisa kamu pilih sebagai solusi perjalanan liburan anda

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang beragam sehingga dapat membuat kebingungan harus liburan kemana. Anda mungkin ingin mengunjungi tempat yang berbeda tetapi akhirnya Anda menjadi frustrasi.

Tidak ada lagi kebingungan dan tidak ada lagi frustasi karena semuanya akan diatur dengan baik oleh ahlinya. Namun, untuk menghindari kekecewaan, pastikan Anda memilih biro perjalanan yang andal dan bereputasi baik.

11 Tips Memilih Travel Agent Terpercaya Agar Aman & Tidak Tertipu

12 Tips Memilih Travel Agent Perjalanan Yang Terpercaya

Banyaknya agen yang menawarkan jasa paket travel agent terkadang membuat Anda bingung karena harus memilih yang terbaik untuk perjalanan berkesan Anda.

Berikut tips memilih travel agent yang tepat untuk liburan anda agar tidak kecewa dikemudian hari

1. Dokumetntasi

Dokumentasi perjalanan berupa foto atau video yang dipublikasikan di website, media sosial, youtube, dll menjadi patokan pertama. Jika travel agent tersebut menerbitkan berbagai dokumentasi perjalanan, bisa dipastikan mereka berpengalaman, terbiasa mengatur tur.

2. Lakukan Riset Anda

Tentunya sebelum berwisata, Anda perlu mendapatkan tour and travel yang tepat. Pilih perusahaan yang menyediakan jasa paket wisata sesuai keinginan Anda.

Anda bisa browsing di internet atau meminta rekomendasi orang tentang travel agen tepercaya atau layanan yang pernah digunakan.

Kemudian pilih agen perjalanan yang sesuai dengan spesialisasi anda jika ingin berwisata ke Bali, pilihlah agen perjalanan yang sering mengantarkan tamu ke Bali.

3. Pilih Travel Agent Yang Memiliki Jaringan Luas

Tips memilih travel agent selanjutnya adalah memilih agen perjalanan yang memiliki jaringan perjalanan yang luas, pastikan bahwa agen perjalanan yang Anda pilih memiliki jaringan yang kuat dengan industri pariwisata

Seperti asosiasi agen perjalanan, opreator tour, maskapai penerbangan, jaringan hotel, atau perusahaan persewaan mobil. Agen perjalanan jaringan luas menunjukkan kredibilitas agen yang baik.

4. Testimonial

Yang ini juga merupakan hal penting yang perlu Anda periksa. Sebelum membeli paket di trvel agent sebaiknya membaca testimoni tamu yang pernah menggunakan jasa agen perjalanan terpilih.

Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba menghubungi mereka secara pribadi melalui dan bertanya langsung tentang keuntungan atau kerugian menggunakan layanan dari agen perjalanan tertentu tersebut.

5. Pilih Travel Agent Profesional

Salah satu tips memilih biro perjalanan pertama adalah profesionalisme. Agen perjalanan profesional bisa menjelaskan secara detail tempat-tempat yang akan Anda kunjungi.

Anda juga bisa meminta saran kepada teman dan kerabat yang sudah berpengalaman menggunakan agen perjalanan yang mereka percayai.

Agen perjalanan yang baik akan mencoba membangun hubungan jangka panjang dengan klien, bukan hanya tentang mendapatkan kesepakatan bisnis.

6. Jangan Tergoda Dengan Harga Murah

Tiap harinya semakin banyak agen perjalanan yang mencoba bersaing dengan memberikan banyak promo dan harga murah.

Ingatlah untuk tidak mudah terbujuk dengan paket murah yang ditawarkan oleh agen perjalanan. Anda harus memperhatikan detail paket yang ditawarkan, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, waktu tempuh, hingga tur. Pastikan fasilitas yang disediakan memadai dan tidak menimbulkan masalah bagi Anda.

7. Perhatikan Rute Perjalanan

Hal paling umum yang perlu Anda perhatikan adalah rute perjalanan. Pilih agen perjalanan yang menawarkan paket perjalanan sesuai dengan yang Anda suka.

Misalnya ada 10 tempat wisata yang ditawarkan oleh agen, ada 7 tempat wisata dalam paket yang sangat ingin Anda kunjungi.

Jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu sendirian daripada bersama rombongan di agen perjalanan, Anda dapat memilih agen yang menawarkan lebih sedikit tempat wisata dan lebih banyak waktu luang.

8. Pahami Itinerary

Informasi yang diberikan oleh agen perjalanan harus Anda perhatikan dengan seksama seperti lama perjalanan, lama kunjungan, tempat wisata yang dikunjungi, dan juga fasilitas seperti tiket masuk objek wisata dan transportasi . Perlu anda ketahui dari awal daftar hotel yang akan digunakan agar anda mendapatkan informasi tentang seluk beluk lokasi hotel.

9. Pemandu Wisata dan Pemimpin Tur

Pemimpin tur akan membantu Anda dan menemani Anda mulai dari kedatangan Anda hingga kembali. Adapun pemandu wisata akan memandu selama kunjungan Anda ke tempat-tempat wisata. Pastikan pemandu wisata dan pemimpin tur akan menemani Anda selama perjalanan.

10. Responsif

Biasanya, sebelum menentukan pilihan, Anda akan menanyakan beberapa pertanyaan. Bisa dimaklumi karena Anda akan menghabiskan banyak uang untuk perjalanan tersebut.

Kemudian, tanyakan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan dan tanyakan juga layanan apa saja yang tidak termasuk dalam paket.

Misalnya, paket perjalanan Anda belum termasuk tiket masuk tempat wisata dan sebagainya. Pastikan mereka menjawab pertanyaan Anda yang dapat memuaskan rasa ingin tahu Anda.

Mendekati hari yang ditetapkan untuk tur, jangan lupa untuk menghubungi mereka kembali dan tanyakan apakah tur Anda sudah disiapkan.

11. Jadwal Tetap

Sebagian besar agen perjalanan biasanya mengumpulkan dana dari peserta terlebih dahulu, akibatnya harga dan jadwal dapat berubah. Poin ini sangat penting karena banyak peserta gagal pergi dan mengalami perencanaan.

Menggunakan biro perjalanan yang handal untuk menghabiskan liburan tentunya akan menghemat waktu dan tenaga Anda dalam mempersiapkan perjalanan Anda.

Setelah Anda memilih paket tur, Anda hanya perlu mempersiapkan diri untuk tur tanpa harus melakukan hal lain.