Pantai Pandawa Bali, Daya Tarik, Sejarah & Harga Tiket Masuk

Pantai Pandawa Bali, Daya Tarik, Sejarah & Harga Tiket Masuk

Pantai Pandawa adalah pantai yang berpasir putih yang terbentang sepanjang garis pantai, airnya yang jernih kebiru biruan dan ombak yang tenang yang membuat pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi anda dengan keluarga.

Salah satu ciri khas dari Pantai ini adalah anda akan disambut oleh patung pewayangan keluarga Pandawa yang berada di dinding tebing batu kapur, bahkan meski baru memasuki kawasan dari atas anda sudah bisa melihat keindahan Pantai

Ketenaran Pandawa beach membuat pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berlibur di Bali.

Pantai Pandawa dulunya sebelum populer sering disebut dengan nama Secret Beach oleh para wisatawan asing, ini karena memang letak Pantai yang tersembunyi di balik bukit.

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Sebelum kita berlanjut untuk membahas sub bahasan yang lainnya, anda mungkin tertarik untuk mengetahui sedikit sejarah tentang Pandawa Beach.

Pandawa Beach bukanlah sebuah destinasi yang sudah lama berkembang, dan masih tergolong destinasi baru di Bali dimana baru diresmikan menjadi Daya Tarik Wisata Pada Tahun 2012.

Awalnya tidak ada akses jalan untuk menuju ke Pantai pandawa ini, dan mulai tahun 1997 dalam upaya memajukan Desa

Masyarakat Desa Kutuh secara swadaya memulai proses pembukaan jalan dengan membelah bukit kapur sebagai akses ke Pantai dan rampung dalam waktu yang cukup lama yaitu pada tahun 2010.

Baca Juga :

Dipilihnya nama Pandawa sendiri sebagai nama dari Pantai ini tidak terlepas dari kemiripan cerita masyarakat Desa Kutuh dan Panca Pandawa yang merupakan tokoh dalah cerita Mahabharatha.

Upaya masyarakat Desa Kutuh ini untuk membuka pintu Pariwisata bagi Desa mereka, diibiratkan sebagai kisah Pandawa yang berhasil masa pengasingan mereka selama 12 tahun.

Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa

Pandawa beach sudah ramai dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Bali, baik itu wisatawan lokal atau domestik, maupun wisatawan mancanegara.  Lalu apa yang ditawarkan pantai ini sehingga layak dikunjungi?

Semua wisatawan yang datang berkunjung ke pantai berpasir putih ini menjadi terkesima dengan pemandangan yang disuguhkan tempat ini.

Begitu melewati loket pembelian tiket, anda akan melihat pemandangan menajubkan pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing kapur dan perbukitan yang masih hijau.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa pada 2020

Tempat – tempat wisata di Bali, hampir semuanya dikenakan tiket masuk. Begitupun juga pantai yang berada di Desa Kutuh ini

Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dikenakan biaya masuk. Harga yang tertera di  bawah, merupakan update tanggal 2 Januari 2020.

DewasaRp. 8000
AnakRp. 4000
Parkir MobilRp. 5000
Parkir BusRp. 10.000
Parkir MotorRp. 2000

Tips Berwisata Ke Pantai Pandawa

Untuk berwisata memerlukan beberapa persiapan agar anda dapat menikmati liburan secara maksimal. Berikut 7 tips dan persiapan untuk memaksimalkan liburan di Pantai Pandawa :

1. Membawa Sun Block

Ketika bermain di pantai kita tidak bisa menghindari paparan sinar matahari. Agar kulit kita tidak mudah gelap maka sebelum pergi ke pantai sebaiknya mempersiapkan sun block atau yang biasa disebut tabir surya.

2. Membawa Topi Dan Kacamata Hitam

Saat packing jangan lupa menyertakan topi dan kacamata hitam pada daftar barang bawaan. Pergi ke pantai yang sangat terik dapat membuat kepala terasa panas dan mata silau. Sebaiknya gunakan topi dan kacamata hitam saat berjemur di pantai.

3. Membawa Makanan Ringan

Walaupun di pantai terdapat beberapa pedagang makanan, tidak ada salahnya membawa makanan sendiri. Menikmati makanan ringan sembari menikmati pemandangan pantai sangat menyenangkan. Dengan membawa bekal sendiri bisa lebih berhemat budget.

4. Membawa Handuk

Pergi ke tempat yang banyak bermain air seperti ke pantai sangat diperlukan membawa handuk. Agar tidak terlalu banyak memakan tempat dalam koper, bawa saja handuk kecil.

Setelah bermain air biasanya kita perlu membilas diri dan alangkah baiknya jika membawa handuk sendiri untuk mengeringkan badan.

5. Membawa Kantung Pelindung

Kantung pelindung berupa plastik penjepit atau kantung pelindung gadget juga tidak kalah penting. Di era milenial ini setiap orang tidak bisa terlepas dari gadget terutama smartphone.

Karena smartphone sangat diperlukan untuk mengabadikan momen dan tentunya eksis di sosial media. Agar smartphone terlindungi, sebaiknya bawa kantung untuk melindungi smartphone anda.

Selain untuk melindungi smartphone, persediaan kantung lainnya terutama yang berukuran besar dapat digunakan untuk membawa pakaian basah yang telah dipakai untuk bermain di pantai.

6. Membawa Pakaian Secukupnya

Bawalah pakaian secukupnya agar tidak membawa terlalu banyak barang bawaan. Cukup bawa 1 baju renang, 2 baju ganti, 2 stel pakaian dalam, dan satu alas kaki.

Sebaiknya bawa pakaian yang nyaman dan dapat memberikan sensasi sejuk serta gunakan alas kaki yang nyaman.

7. Datang Pada Saat Sunset

Satu lagi yang ditunggu saat bermain ke pantai yaitu sunset. Datang ke Pantai Pandawa menjelang sunset patut untuk dicoba.

Untuk menikmati sunset di Pantai Pandawa memang membutuhkan sedikit rintangan dengan menaiki tebing tinggi. Setelah sampai di puncak akan disuguhkan spot foto yang sangat indah yaitu hamparan laut luas dan tentu saja yang ditunggu-tunggu, sunset di Pantai Pandawa.

Bagimana? Tertarik berkunjung ke Pantai Pandawa? Bagi anda yang ingin liburan ke Bali, jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini.

Pantai yang indah, bersih, dan masih lengang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pemandangannya yang indah cocok bagi anda yang gemar berswafoto. Serta berbagai fasilitasnya yang tergolong murah sangat sayang untuk dilewatkan.

error: