6 Fungsi Kebun Raya Bedugul ( Kebun Raya Eka Karya ) & Harga Tiket Masuk

6 Fungsi Kebun Raya Bedugul ( Kebun Raya Eka Karya ) & Harga Tiket Masuk

Kebun Raya Bedugul Bali atau kebun raya eka karya menawarkan sensasi teduh, tempat ini merupakan taman tropis yang berlokasi di Bedugul yang berdekatan denga tempat wisata pura ulun danu beratan

Terletak di daerah pegunungan Bedugul, kebun raya ini berada di atas ketinggian diantara 1250 hingga 1450 di atas permukaan laut seluas 157.5 hektar.

Lokasi Kebun Raya Bedugul ( Kebun Raya Eka Karya )

Berlokasi dekat dengan dua destinasi populer, yakni Danau Beratan dan Pura Ulun Danu, setidaknya ada ribuan jenis tumbuhan yang memenuhi Bali Botanical Garden.

Masih di area ini, tedapat pula kebun yang dihuni tak kurang dari 320 jenis anggrek, di mana mereka berasal dari Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Papua.

Beberapa koleksi khusus tersebut selain anggrek yaitu tumbuhan upacara, tumbuhan obat, kaktus, pakis, tumbuhan air dan pepohonan.

Koleksi Tumbuhan Di Kebun Raya Eka Karya

Koleksi Tumbuhan Di Kebun Raya Bedugul Bali

Lebih dari 2000 jenis tumbuhan diawetkan di Kebun Raya Eka Karya, mewakili tumbuhan dari pegunungan di kawasan timur Indonesia: Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Tanaman baru diperoleh dari pembibitan komersial, arboreta, kebun raya, program pemuliaan tanaman, dan ekspedisi pengumpulan.

Karena situsnya yang unik menggabungkan taman lanskap, area habitat asli, Taman dapat mengumpulkan tanaman darat dan air yang ditemukan di habitat serupa.

Benih dan tanaman diterima hanya jika asalnya diketahui dan didokumentasikan dan hanya jika telah dikumpulkan dan diimpor secara legal.

Tanaman yang berpotensi untuk menyerang, mencemari genetik atau membawa hama atau penyakit disaring dengan hati-hati atau dievaluasi sebelum diterima.

Sejarah Kebun Raya Bali

Kebun Raya Eka Karya

Menurut catatan sejarah, Kebun Raya Bedugul pada mulanya merupakan suatu ide atau gagasan yang digagas oleh Prof.Ir.Kusnanto yang pada waktu itu tengah menjabat menjadi Direktur Lembaga Pusat Penyelidikan Alam.

Pada tahun 1958 para pejabat senior Bali meminta agar Departemen yang sekarang disebut Pusat Penelitian Biologi di lingkungan LIPI, mempertimbangkan untuk membangun taman botani dengan peran ganda sebagai lembaga penelitian dan taman rekreasi.

Pada tanggal 15 Juli 1959 Kebun Raya Bali resmi berdiri di lereng Bukit Tapak Desa Candi Kuning ketinggian 1250-1400 m. Kebun Raya Bali kemudian dinamai Kebun Raya “Eka Karya” Bali.

Eka Karya menyebut ini sebagai Kebun Raya Indonesia pertama yang didirikan setelah kemerdekaan Indonesia dan dengan demikian yang pertama didirikan sepenuhnya oleh orang Indonesia.

Kebun Raya Bali pada awalnya didirikan sebagai kumpulan spesies konifer (tumbuhan berbiji tidak berbunga, atau Gymnospermae) dari seluruh dunia, dan sebagai tempat rekreasi. Itu juga dilengkapi untuk kegiatan ilmiah, budaya dan teknis.

Pembangunan berhenti sekitar 1965 karena ketidakamanan periode. Hampir pada tahun 1970, taman mulai direhabilitasi secara bertahap.

Pada tanggal 30 April 1975 pemugaran selesai dan sebagai bagian dari areal ini ditingkatkan menjadi 129,2 Ha.

Fungsi tersebut diperluas dari kumpulan tumbuhan runjung menjadi konservasi ex-situ tumbuhan dari dataran tinggi Indonesia bagian timur.

Pada tahun 1998 luas Kebun Raya Bali mencapai 154,5 Ha, dan pada tahun 2001 areal tersebut ditingkatkan lagi menjadi 157,5 Ha.

Beberapa koleksi khusus tersebut antara lain: anggrek, tumbuhan upacara, tumbuhan obat, kaktus, pakis, tumbuhan air dan pepohonan.

Fungsi Utama Kebun Raya Bali adalah:

  • Eksplorasi
  • Inventarisasi
  • Penelitian
  • Konservasi
  • Rekreasi
  • Pendidikan.

Lembaga ini menawarkan sejumlah layanan dan fasilitas ilmiah untuk mendukung penelitian dan konservasi tumbuhan, termasuk herbarium, bank benih, perpustakaan, rumah kaca, pembibitan, dan database tumbuhan.

Harga Tiket Masuk 

Berikut ini merupakan daftar harga tiket masuk Kebun Raya Bali (Bali Botanical Garden) Bedugul:

DewasaRp. 9000
Parkir MobilRp. 6000
Parkir BusRp. 11.000
Parkir MotorRp. 3000