Kintamani Bali, Tempat Wisata Di Sekitar Gunung Batur

Kintamani Bali, Tempat Wisata Di Sekitar Gunung Batur

Terletak di Kintamani, Bangli, Bali, Gunung Batur merupakan salah Batur satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi . Ada juga danau dengan nama yang sama, Danau Batur, di kawasan Gunung Batur.

Terletak di daerah yang tinggi, 1.050 meter di atas permukaan laut dengan luas 16 km persegi dengan kedalaman rata-rata 50,8 km.

Menurut data Museum Geopark Batur , Gunung Batur meletus pertama kali pada tahun 1804. Saat itulah terbentuk kawah utama di puncak.

Setelah Gunung Agung, Gunung Batur menempati urutan kedua sebagai gunung tertinggi di Bali. Memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut; Gunung Batur dikategorikan sebagai gunung berapi aktif.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 2000. Letusan besar pada 2 Agustus dan 21 September 1926 menghancurkan Pura Ulun Danu Batur dan desa Batur.

Bagi pemula, jika berencana mendaki Gunung Agung terlebih dahulu Anda perlu mendaki Gunung Batur. Perjalanan normal menuju puncak sekitar 2 jam dari titik awal. Waktu terbaik untuk memulai pendakian adalah pada pagi hari agar bisa menikmati keindahan matahari terbit.

Kaldera sendiri merupakan salah satu yang terindah dan terbesar di dunia, sehingga pada September 2012 UNESCO secara resmi memasukkan Gunung Batur ke dalam Global Geopark Network , satu-satunya dan yang pertama di Indonesia.

Gunung Batur dan Danau Batur

Untuk sampai ke Gunung Batur, Anda perlu mengunjungi Kintamani. Dari Kuta , Sanur, Ubud dan Nusa Dua dibutuhkan waktu 1 hingga 2 jam dengan mengendarai mobil atau motor.

Danau Batur terletak di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dan berjarak sekitar 65 km dari Denpasar .

Jika anda memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, jarak danau sekitar 1,5 – 2 jam dengan berkendara melalui Gianyar.

Namun jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Singaraja, Anda bisa mencapai Danau Batur melalui Desa Kubutambah sekitar 1,5 jam atau sekitar 58 km.

Cara paling praktis dan termudah adalah dengan menggunakan jasa agen perjalanan. Satu hal lagi, jalan menuju Danau Batur cukup berkelok-kelok dan banyak menanjak serta menurun karena berada di pegunungan.

Biasanya untuk sewa mobil satu hari harus membayar Rp 400.000 – Rp 500.000 sedangkan sewa motor sekitar Rp 50.000.

Lalu lintas menuju dan dari Kintamani selalu sibuk sehingga Anda perlu memastikan bahwa tubuh Anda cukup fit untuk berkendara.

Harga Tiket Kintamani Bali

Harga tiket masuk kawasan wisata Kintamani Bali adalah Rp15.000 untuk wisatawan lokal dan Rp30.000 untuk wisatawan mancanegara.

Untuk mendaki Gunung Batur, Anda perlu membayar Rp 75.000 untuk setiap orang. Sebelum pendakian anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu dan biaya pendaftarannya Rp 10.000 per orang. Untuk pemandu, Anda perlu membayar Rp 550.000 / pemandu.

Kintamani Bali, Tempat Wisata Di Sekitar Gunung Batur

Tempat Wisata Di Kintamani Terdekat

1. Danau Batur

Danau Batur adalah danau eksotis yang terletak di Kintamani, Bali. Nama “Batur” mengacu pada nama sebuah gunung yang ada di dekat danau ini bernama Gunung Batur.

Lokasi Danau Batur Kintamani berada di lereng Gunung Batur. Danau ini berada di dataran tinggi yaitu 1.050 mdpl dengan luas 16 km persegi dan kedalaman rata-rata 50.8 km.

Air danau sebagian besar berasal dari air hujan yang disaring melalui pegunungan dan rembesan itulah yang pada akhirnya memenuhi danau eksotis ini. Karena keunikan tempatnya, UNESCO menetapkan tempat ini sebagai Taman Bumi (Global Geopark Network).

Jika Anda ingin melihat keindahan Danau Batur Kintamani secara keseluruhan, Anda bisa pergi ke Desa Penelokan. Desa ini terletak di dataran tinggi dibandingkan dengan Danau Batur Kintamani sehingga pemandangan danau yang sangat indah dan Gunung Batur yang berdiri kokoh dapat terlihat jelas dengan pemandangan yang lengkap. Jika dilihat dari tempat yang tinggi, Danau Batur lebih terlihat seperti bulan sabit.

Menuju ke Danau Batur

Danau ini terletak di Kecamatan Kintamani, Desa Penelokan Utara. Saat berangkat dari Denpasar jaraknya kurang lebih 64 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Namun bila berangkat dari Singaraja jaraknya kurang lebih 58 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Rute menuju lokasi danau cukup berkelok-kelok, seperti di pegunungan pada umumnya. Selain itu jalur ini selalu dipenuhi oleh pengendara sehingga sangat ramai terutama saat musim liburan.

Untuk menuju kesini Anda bisa menyewa mobil atau motor. Cara termudah tentunya adalah dengan menggunakan jasa agen perjalanan. Jika anda menyewa mobil harganya sekitar Rp 500.000 / hari dan biaya motor Rp 50.000 / hari.

Biaya masuk

  • Tiket masuk ke Danau Batur: Rp. 15.000 / orang
  • Sewa perahu di danau Rp. 500.000 / Kapasitas Maks. 10 orang

2. Pura Ulun Danu Batur

Pura yang didirikan pada tahun 1926 ini juga dikenal dengan beberapa nama diantaranya Pura Ulun Danu, Pura Batur atau Pura Kelelawar.

Sebagai pura terpenting kedua di pulau Bali, setelah Pura Besakih tentunya. Maka tidak heran jika upacara keagamaan Hindu sering dilakukan di tempat ini.

Masyarakat Hindu di Kintamani mendirikan Pura Ulun Danu Batur sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Danu yang dikenal sebagai dewi sungai dan danau.

Candi Batur merupakan satu kompleks dengan sembilan candi. Di dalam kompleks juga terdapat 285 paviliun dan candi. Paviliun dan candi di candi ini dibangun khusus untuk menghormati dewa dan dewi kesuburan, air, seni dan banyak lagi.

Menuju Pura Ulun Danu Batur

Terletak di Desa Kalanganyar di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Pulau Bali. Candi ini berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Bangli.

Untuk menuju tempat ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 90 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Untuk menuju kesini, Anda bisa menggunakan rental mobil atau motor. Diperlukan waktu sekitar 2,5 jam dengan berkendara.

Biaya masuk

Biaya masuk untuk orang dewasa adalah Rp 20.000 / orang dan untuk anak-anak Rp 15.000 / anak. Anda juga perlu membayar parkir. Harga motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 10.000.

3. Desa Trunyan

Desa Truyan terletak di sebuah desa administratif yang berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli yang menawarkan keindahan alam yang sungguh mempesona serta eksotisme adat dan budaya.

Nama Desa Terunyan memang memiliki arti sebagai tempat pemakaman di Bali yang lokasinya berada di desa Trunyan Bali.

Saat anda mengunjungi Desa Terunyan, anda tidak akan melihat jenazah yang ditempatkan di peti mati atau dibungkus melainkan semua jenazah akan dibiarkan begitu saja di tempat khusus bernama Seme Wayah. Jenazah akan dikelilingi pagar bambu kemudian diletakkan sesaji di samping jenazah.

Cara Ke Desa Trunyan

Lokasi Desa Trunyan berada di pinggir Danau Batur. Untuk mencapai Desa Trunyan tidaklah terlalu sulit. Anda bisa melakukan perjalanan dengan kendaraan umum atau mobil sewaan yang memakan waktu sekitar 3 jam dari Denpasar.

Lokasinya berada di sebuah desa kecil di Batur, pengunjung hanya bisa sampai ke tempat ini dengan menggunakan perahu kecil. Anda tinggal menyewa perahu di Dermaga Kedisan.

Untuk naik perahu biayanya antara Rp50.000 hingga Rp100.000 dengan kapasitas lima orang. Perjalanan perahu ke Trunyan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Biaya masuk

Tarif tiket kapal menuju Desa Trunyan adalah Rp. 1.000.000 maksimal 7 orang, Rp 900.000 maksimal 4 orang, dan Rp 750.000 maksimal 2 orang. Biaya masuk sudah termasuk dalam harga sewa perahu.

Hal yang Dapat Dilakukan di Gunung Batur

  • Mendaki gunung di Gunung Batur
  • Melihat matahari terbit di Gunung Batur
  • Menikmati pemandangan Danau Batur
  • Bersepeda di pinggir Danau Batur
  • Memancing di Danau Batur
  • Menjelajahi Danau Batur dengan Perahu
  • Mengunjungi Desa Trunyan

Hal-hal Populer di Gunung Batur

Gunung Batur terkenal dengan keindahan matahari terbit dan hamparan awannya. Tempat ini juga terkenal sebagai tempat hiking karena gunung ini tidak terlalu tinggi dan bisa menjadi tempat latihan pendaki pemula