Air Terjun Sekumpul, Lokasi & Waktu Terbaik Berkunjung

Air Terjun Sekumpul, Lokasi & Waktu Terbaik Berkunjung

Bali banyak sekali memiliki tempat wisata air terjun yang indah dan menajubkan.Tetapi tahukah, air terjun kembar terbesar dan sangat indah saat ini banyak dikunjungi wisatawan? Salah satunya adalah air terjun sekumpul

Bagi anda yang senang melihat pemandangan alam air terjun di Bali, maka air terjun Sekumpul Singaraja Buleleng adalah tempat yang wajib anda kunjungi di Bali. Terletak di bagian bali utara, menawarkan pemandangan alam air terjun yang fantastis.

Wisata Bali Utara

Anda pasti tahu bahwa salah satu hal utama yang menjadikan pulau Bali sebagai tujuan liburan populer adalah keindahan pantainya yang berpasir putih. Seperti pantai Kuta , pantai Sanur, Pantai Nusa Dua , dan pantai Pandawa yang semuanya berada di kawasan Bali selatan.

Bagaimana dengan tempat wisata di Bali lainya, seperti Bali timur, tengah, barat, dan utara? Berhubung lokasi air terjun Sekumpul berada di kawasan Bali utara, maka sebaiknya anda mendapatkan sedikit informasi tentang daya tarik kawasan Bali utara.

Daya tarik Bali Utara terletak pada wisata alam dengan air terjun yang masih alami. Selain wisata alam, Bali utara juga menawarkan aktivitas wisata bahari seperti menyaksikan lumba-lumba di pantai Lovina, scuba diving, dan snorkeling.

Akibatnya ketika orang pergi ke Bali utara, mereka cenderung mengunjungi pantai Lovina untuk pertunjukan lumba-lumba. Banyak wisatawan yang belum mengetahui tentang enam air terjun di Bali Utara tersebut.

Kabupaten Buleleng Bali adalah surga murni air terjun. Hanya sedikit yang mengetahuinya, dan air terjun tetap tidak tersentuh karena sulit untuk mencapai lokasi dengan mobil.

Air terjun tersebut dikatakan sebagai yang tertinggi di daerah ini, berada di kawasan perbukitan yang tinggi dan jauh dari pemukiman penduduk sekitar.

Beberapa tahun lalu hanya diketahui oleh masyarakat sekitar belum banyak diketahui oleh orang asing. Namun, kabar tentang keindahan air terjun Sekumpul tersebar di internet.

Air Terjun Sekumpul, Lokasi & Waktu Terbaik Berkunjung

Perjalanan Menuju Air Terjun 

Saya harus berjalan melalui jalan sempit dari tempat parkir mobil, dan jalan itu bisa dilalui dengan sepeda motor. Oleh karena itu, jika Anda mengendarai sepeda motor anda akan lebih dekat untuk mencapai loket tiket masuk.

Dalam perjalanan menuju lokasi air terjun, saya bisa melihat beberapa rumah adat yang dikelilingi oleh buah rambutan, pohon manggis, dan pohon durian yang menjulang tinggi.

Setelah trekking selama beberapa menit, Anda akan melihat pemandangan sawah terasering dan perbukitan hijau serta pemandangan air terjun di kejauhan. Untuk menuju lokasi melihat air terjun Sekumpul,

Saya harus menuruni beberapa anak tangga, dengan rute jalan setapak yang berkelok-kelok. Saya tidak yakin berapa banyak level yang saya lalui, mungkin sekitar 350 langkah. Selain jumlah undakannya, tangga di beberapa tempat juga sangat curam. Karena itu harap berhati-hati saat berkunjung.

Setelah melewati perjalanan menuruni anak tangga selama 30 menit, akhirnya saya bisa melihat air terjun Sekumpul dari dekat.

Untuk menuju kolam air terjun, Anda harus menyeberangi sungai yang ketinggian airnya kira-kira setinggi paha orang dewasa.

Tentunya perjalanan hiking akan cukup melelahkan, rasa lelah akan terbayar begitu anda melihat air terjun kembar tersebut. Stamina dan kesadaran Anda diperhitungkan di sini, terutama jika Anda turun tanpa pemandu.

Hal Seru Yang Bisa Kamu Lihat Di Air Terjun Sekumpul

Melihat dua air terjun berdampingan, menjatuhkan sejumlah besar air dari tebing yang tinggi. Air terjun menghantam batu di bawahnya, membuat percikan air dan suara yang memekakkan telinga.

Saya tidak bisa mendengar suara orang lain, dan Anda perlu berteriak untuk berbicara dengan seseorang di dekatnya. Lembab, dan percikan air terjun membuat tubuh saya segar.

Menurut seorang teman saya dari Kabupaten Buleleng, saat musim hujan, air terjun kembar akan memiliki warna air yang berbeda.

Sisi kiri air terjun akan memiliki air yang jernih dan bersih, karena berasal dari mata air yang berada di perbukitan sedangkan air terjun kanan akan memiliki air berwarna coklat karena airnya berasal dari sungai.

Namun saat berkunjung, saya tidak melihat perbedaan cat air dari kedua air terjun tersebut, mungkin karena saya berkunjung saat musim kemarau. Saya melihat banyak pohon besar di sekitar area air terjun, dan terlihat sangat hijau dan subur.

Berapa Tinggi Air Terjunya ?

Saya tidak tahu persis seberapa tinggi tebing itu dan seberapa tinggi air terjun itu. Warga yang saya temui di lokasi mengatakan tinggi air terjun tersebut sekitar 50 meter.

Pemandangan spektakuler dari air terjun kembar membuat saya lupa sejenak menaiki tangga untuk kembali. Menuruni tangga itu sulit, dan bahkan lebih melelahkan saat naik tangga untuk kembali ke tempat parkir.

Arti Sekumpul

Hal utama yang menjadikan air terjun Sekumpul terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena lingkungan sekitar air terjun di tutup oleh hutan tropis yang hijau.

Sesuai dengan namanya, Sekumpul artinya berkumpul, atau kita menyebutnya kembar karena Anda melihat dua buah air terjun yang bersebelahan, sedangkan masyarakat Desa Sekumpul menyebut air terjun tersebut dengan nama Curug Ceburan.

Selain itu, pengunjung tidak hanya bisa melihat satu air terjun tetapi tujuh air terjun yang berada di sekitar air terjun. Dari tujuh air terjun yang tersedia, hanya dua air terjun yang lokasinya dekat dengan jalan raya.

Sedangkan lima lainnya, Anda perlu tenaga ekstra untuk mencapai lokasinya. Jika Anda ingin mengunjungi ketujuh air terjun yang ada di desa Sekumpul, kami sarankan Anda mencari pemandu trekking. Pemandu trekking lokal akan tahu betul tentang daerah tersebut.

Lokasi 

Lokasi air terjun Sekumpul berada di desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya kurang lebih 76 kilometer dari Denpasar dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam.

Berangkat dari Kota Singaraja

Jika anda berangkat dari kota Singaraja menuju air terjun Sekumpul maka rute terbaik adalah melewati Jl. Surapati, Jl. WR Supratman, Jl. Raya Desa, dan Jl. Raya Bebetin. Sesampainya di Jalan Raya Bebetin akan terlihat pertigaan, yang perlu Anda lakukan hanyalah ambil jalur kiri.

Dari Jalan Bebetin, Anda masih membutuhkan waktu sekitar 15 menit melalui jalan yang berkelok-kelok, untuk sampai di tempat parkir mobil Air Terjun Sekumpul.

Salah satu pendekatan terbaik untuk menjelajahi banyak air terjun di Bali utara adalah dengan menginap di salah satu hotel di kabupaten Singaraja. Jadi selain mengunjungi air terjun Sekumpul, Anda bisa mengunjungi pantai Lovina, air terjun Gitgit, dan air terjun Aling-Aling.

Berangkat dari Seminyak Legian, Kuta & Canggu

Sebagian besar wisatawan yang berlibur ke Bali akan memilih menginap di kawasan Bali selatan, terutama hotel yang dekat dengan pantai Kuta, pantai Seminyak, dan kawasan Pantai Echo Beach Canggu Bali .

Karena wilayah Seminyak Legian, Kuta & Canggu cukup luas, maka saya akan menggunakan patokan berangkat dari pantai Petitenget Seminyak .

Dari pantai Petitenget Seminyak menuju air terjun Sekumpul akan menempuh jarak sejauh 75 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam. Dalam perjalanan anda akan melewati toko Joger Luwus Tabanan Bali, Pura Ulun Danu di Danau Beratan Bedugul , dan Bukit Wanagiri.

Karena perjalanan yang cukup jauh melalui jalan yang berkelok-kelok, sebaiknya istirahat ditengah perjalanan dengan mengunjungi Danau Beratan Bedugul .

Berangkat Dari Ubud

Jika Anda bermalam di Ubud, menuju air terjun Sekumpul akan menempuh jarak 65 kilometer, dengan waktu tempuh 2 jam. Dengan asumsi Anda menginap di hotel yang berdekatan dengan lokasi Istana Ubud dan hutan monyet Ubud .

Anda akan melewati Hutan Kera Sangeh, Pura Ulun Danu Beratan dan Kebun Raya Bedugul.

Cara Ke Lokasi Air Terjun 

Ada hal penting yang harus Anda ketahui tentang cara mencapai air terjun Sekumpul. Anda akan melewati jalan pegunungan, banyak tanjakan dan turunan, serta berkelok-kelok.

Kemampuan Anda mengemudikan kendaraan di Bali akan mempengaruhi transportasi terbaik untuk Anda.

Transportasi liburan terbaik di Bali adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik berupa sepeda motor maupun mobil.

Penyewaan Sepeda Motor

Jika Anda tinggal di Bali selatan dan tidak bepergian dengan anak-anak, Anda bisa mengendarai skuter. Dengan mengendarai sepeda motor, Anda akan melaju lebih cepat.

Namun, Anda wajib memiliki surat izin mengemudi untuk mengendarai scooter di Bali, dan jangan lupa mengenakan helm.

Ingatlah untuk membawa jas hujan, karena Anda akan melewati daerah pegunungan dan memiliki peluang hujan yang sangat tinggi bahkan di musim kemarau.

Mencari jasa sewa motor di Bali sangatlah mudah. Apalagi di kawasan Bali selatan, seperti Jimbaran, Tanjung Benoa , Seminyak, Canggu, dan Kuta. Rata-rata harga sewa motor di Bali berkisar Rp 75.000 – Rp 100.000. Harga juga sesuai dengan jenis motor yang ingin anda sewa.

Sewa Mobil

Lokasi air terjun Sekumpul lumayan jauh, kami merekomendasikan anda untuk mendapatkan jasa sewa mobil dengan supir di Bali. Dengan menggunakan jasa rental mobil dengan supir, Anda akan mendapatkan kenyamanan saat berwisata. Selain itu, Anda tidak perlu membersihkan mobil.

Paket Wisata Bali

Banyak penyedia paket tour Bali murah yang menyediakan tour Bali utara dalam 1 hari. Anda bisa menghubungi salah satu penyedia paket wisata di Bali.

Kemudian, mintalah agen perjalanan untuk membuatkan itinerary liburan Anda dengan rute mengunjungi air terjun ini

Waktu Terbaik Mengunjungi Air Terjun Sekumpul

Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun kembar ini adalah pada pagi hari sekitar pukul 08:00 – 09:00. Anda pasti bertanya-tanya kenapa saya harus melihat air terjun ini di pagi hari?

Ada alasan kenapa saya menyarankan Anda untuk mengunjungi air terjun Sekumpul di pagi hari. Kemungkinan turunnya hujan pada pagi hari lebih kecil dibandingkan pada sore hari.

Jika hujan turun, jalan yang akan Anda tempuh menjadi licin, dan Anda harus ekstra hati-hati untuk melewati jalan yang licin tersebut.

Bulan Terbaik Mengunjungi Air Terjun Sekumpul

Bulan terbaik untuk adalah saat musim kemarau di Bali. Musim kemarau di Bali terjadi dari bulan April hingga Oktober.

Jika Anda ingin melihat volume air terjun yang besar, dengan kemungkinan curah hujan yang lebih sedikit, maka bulan Maret dan April adalah bulan-bulan terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sekumpul.

Jika Anda mengunjungi air terjun Sekumpul pada bulan Mei-Oktober, volume air terjun akan menurun, namun perjalanan Anda akan lebih nyaman.

Harga Tiket Masuk 

  • Rp 10.000 / orang (Warga Negara Indonesia).
  • Rp 20.000 / orang (Wisatawan internasional).
  • Biaya parkir skuter Rp 5.000.
  • Biaya parkir mobil Rp 10.000.

Dengan membayar tiket masuk di atas, Anda sudah bisa melihat pemandangan air terjun. Pilihan ini sangat cocok untuk Anda jika tidak ingin trekking lebih jauh untuk melihat pemandangan air terjun lainnya.

Hal Yang Perlu Diketahui 

Di lokasi, Anda akan menemukan penawaran lokal kepada Anda sebuah paket seperti di bawah ini;

  • Paket dengan trekking sedang, tiket masuk, pendamping skuter, dan pemandu, seharga Rp 125.000 / orang. Jika Anda ingin menjelajah lebih dalam, dan ingin melihat air terjun Sekumpul dan air terjun tersembunyi lainnya, opsi ini cocok untuk Anda.
  • Paket dengan long trekking, tiket masuk, pendamping scooter, dan guide seharga Rp 200.000 / orang. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi air terjun Sekumpul, air terjun tersembunyi lainnya, dan air terjun Fiji.

Tips & Saran

  • Kenakan sandal trekking, karena Anda akan turun dan berjalan di dasar sungai. Akan lebih baik jika Anda tidak memakai sandal jepit atau sandal. Karena akan sulit digunakan saat menuruni dan menaiki tangga.
  • Ingatlah untuk membawa pakaian ekstra, karena pakaian yang Anda kenakan akan basah saat terkena air terjun.
  • Jika membawa kamera, maka bersiaplah karena kamera Anda akan basah dengan cipratan air terjun. Oleh karena itu, harap gunakan pelindung tahan air untuk kamera Anda.

Sekian tentang panduan air terjun sekumpul ini, semoga dapat membantu anda saat merencanakan liburan ke air terjun Sekumpul Buleleng.

Jika anda liburan ke air terjun ini, silahkan share pengalaman anda dengan menulis di kolom komentar. Mungkin ada sesuatu yang kami lewatkan, tapi Anda bertemu di lokasi.

Dengan meninggalkan pengalaman Anda, maka akan membantu wisatawan lain dalam merencanakan liburan ke air terjun Sekumpul buleleng